Age Related Makular Degeneration (ARMD)

Kemari sewaktu saya mengantar ayah saya. Saya mendapat berbagai pengetahuan tentang mata dan penyakit-penyakit yang menyerang mata salah satunya adalah Age Related Makular Degeneration (ARMD)

Age-related makular degeneration (ARMD) adalah penyakit pada mata yang merusak penglihatan sentral. Penyakit ini merusak makula, yaitu suatu daerah kecil di bagian retina yang terdapat didalam bola mata. Makula berperan dalam membedakan warna dan melihat jelas atau detail.

Kita membutuhkan penglihatan sentral untuk beraktifitas sehari-hari seperti membaca, berkendara, dan mengenali orang. ARMD tidak menyerang penglihatan tepi, sehingga tidak membuat kebutaan total. Resiko bertambah dengan bertambahnya umur, biasa menyerang orang berumur 50 tahun.

Ada 2 tipe ARMD:

Tipe kering (dry ARMD)
kasus ini paling banyak terjadi (kira-kira 85%-90%) penyakit ini berkembang perlahan. Pada kasus ini, sel dan pembuluh darah di bawah makula retina rusak dan terjadi penumpukan eksudat di belakangnya, (drusen). Ini merusak makula dan menghambat jalannya sinyal ke otak. Penglihatan sentral menjadi redup.

Tipe Basah (wet ARMD)
kasus ini jarang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan di makula dalam hitungan minggu. Penyebabnya karena pembuluh darah yang abnormal dan rapuh di belakang retina. Pembuluh arah ini menyebabkan makula rusak.

Faktor penyebab
para ahli mempelajari penyebab penyakit ini. Saat ini faktor penyebabnya adalah antara lain:
  • genetik
  • nutrisi
  • merokok
  • matahari


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

twitter

Follow icrul on Twitter

breadud

readbud - get paid to read and rate articles